Aku ingin menapaki tujuh puncak tertinggi Nusantara

 

7 Puncak Tertinggi di Nusantara — mimpi yg ingin kunyatakan..!!!

================================================================================

bagi saya, rasanya, terlalu jauh untuk bermimpi menaklukan 7 puncak tertinggi di Dunia, rasanya saya harus bermimpi dulu menaklukan 7 Puncak tertinggi di Nusantara..  meneruskan cita-cita dan angan-angan di masa remaja dahulu, saat itu saya sangat hobby sekali mendaki gunung dan adventur menjelajah kota-kota (mbambong), akibat terispirasi dari novel gola gong (balada si roy) saat itu..  namun sayang saat itu (SMU) orang tua kurang mendukung, alasan yg paling mendasar dan yg paling tegas adalah : Biaya..!!!

saya sempat dibesarkan di kota yg dikelilingi oleh pegunungan, yg dari sebutan kotanya saja sudah jelas ; “Kota Malang” atau dalam bahasa Indonesia berarti Melintang..  benar, kota ini adalah kota yg beradah di lembah yg melintangi beberapa pegunungan ; pegunungan arjuno-welirang, pegunungan kawi dan pegunungan tengger.. karena letaknya yg berada di antara pegunungan maka tak heran jika di kota ini banyak juga anak muda yg hobby mendaki gunung, salah satunya saya..

ya masa SMA saya memang saat dimana rasa menderita saya rasakan, dimana saat itu beberapa teman saya banyak yg hobby trek-trekan ataupun hobby “narkoba”..   tapi apapun, alhamdulillah..  Allah masih memberikan yg terbaik buat saya dengan anugerah : “kemiskinan”..  sehingga membuat saya tidak lagi punya banyak pilihan untuk jadi ‘nakal’, ‘brutal’ dan ‘bandel’ walaupun sifat itu sangat ada pada jiwa saya saat itu…

al hasil, saya hanya bisa menyalurkan hobby saya yg tidak terlalu memakan biaya, yaitu naik gunung..  kebetulan di dekat kotaku ada sebuah bukit yg sering dibuat latihan bagi para pendaki2 malang..  bukit itu tidak terlalu tinggi, namun medannya lumayan curam dan menantang..  namanya bukit ‘Panderman’…    disitu hampir setiap weekend saya menghabiskan waktu saya..  sudah puluhan kali saya mendaki bukit itu, namun bukit itu dan saya rasanya seperti tidak bosan untuk saling bercengkrama..

saat itu saya hanya sering bermimpi untuk “mampu” mendaki gunung2 yg sering diceritakan para pendaki2 yg sering saya jumpai di bukit panderman : tentang gunung : “semeru, lawu, arjuno, rinjani, ijen, slamet, merbabu, gunung gede, kerinci, dll..”  ya waktu itu kondisi ekonomi orang tua, tidak memungkinkan, karena keterbatasan ekonomi, bahkan untuk mendaki bukit pandaerman saja, aku kadang menumpang teman2ku yg punya dana..  hiks hiks hiks..

maka sekarang aku ingin sekali memulai lagi impianku beberapa tahun silam saat aku SMU..  aku ingin bisa menjelajah puncak2 / tanah2 tertinggi di nusantara,..  maka, sekarang mungkin sedikit tepat waktunya..   aku ingin menjelajahi 7 Puncak tertinggi Nusantara..!!  mudah2an keinginanku dapat terwujud..  Aamiin..

 

1. Cartenzs Pyramid, Pegunungan Sudirman; Puncak tertinggi di Pulau Papua

Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 m dpl. Puncak Carstenzs yang biasa disebut juga Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Letaknya berada di kordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne. Rute pendakian termudah bisa melalui Ilaga (jalur utara) atau Singa dan Tembagapura (jalur selatan).

2. Gunung Binaiya; Puncak tertinggi di Kepulauan Maluku

Puncak gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiya (Binaia) dengan ketinggian 3.027 m dpl. Dan. Gunung tidak berapi ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Tepatnya pada koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT. Rute pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari desa Kanike.

3. Puncak Rantemario Gunung Latimojong; Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi

Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 m dpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pada koordinat 3° 22′ 54″ LS 120° 1′ 43″ BT. Rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Karangan. Sumber lain menyatakan puncak tertinggi adalah Rantekombola yang berada berdekatan dengan Rantemario.

4. Gunung Kinabalu; 4.095 m dari permukaan laut (lows peak) terletak di kota kinabalu, Sabah, Malaysia merupakan puncak tertinggi di Pulau Kalimantan

5. Gunung Rinjani; Puncak tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali

Puncak tertinggi di Bali dan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Gunung berapi ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat pada koordinat 8° 25′ LS 116° 28′ BT. Rute pendakian bisa dimulai dari desa Sembalunlawang. Puncak Mahamer Gunung Rinjani

6. Puncak Mahameru Gunung Semeru; Puncak tertinggi di Pulau Jawa

Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 m dpl. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT. Rute pendakian gunung dapat dimulai dari Desa Ranupane.

7. Puncak Indrapura Gunung Kerinci; Puncak tertinggi di Pulau Sumatera

Puncak Gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 m dpl. Gunung berapi ini Berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi pada lintang 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT. Gunung ini bisa didaki dari rute di desa Kersik Tuo.

=============!!!!

Nah, siapa kira-kira di antara sobat sedang berencana menaklukan tujuh puncak tertinggi di nusantara tersebut,…?

mungkin saja diantara teman2 ada minat yg sama..? mari kita mendaki bersama satu persatu..!!!  he he he..