Pengusaha Pemula Pernah Melakukan Beberapa Kesalahan Ini

 

Seorang pebisnis, apapun model bisnis yang dikerjakannya, pasti dia pernah melakukan kesalahan, baik itu ketika baru memulai bisnisnya ataupun saat bisnis tersebut sedang berjalan. Dan bisa dikatakan bahwa hampir semua pebisnis sukses pernah melakukannya karena ini adalah proses belajar menjadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha yang belajar dari kesalahan mereka akan mampu bangkit dan memperbaiki keadaan bisnisnya. Namun, cukup banyak pebisnis yang terlambat menyadari kesalahan mereka sehingga mengakibatkan usahanya bangkrut dan’gulung tikar’.

 

Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang pernah dilakukan oleh pengusaha, mari kita belajar dari kesalahan mereka:

 

1. Terlalu Berambisi Membuat Bisnis Menjadi Besar Dalam Waktu Singkat

 

Kesalahan seperti ini seringkali terjadi pada pengusaha pemula yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis. Mereka terobsesi untuk segera mengembangkan usahanya dengan secepat mungkin. Mereka meminjam uang untuk modal dalam jumlah yang lebih banyak untuk membuka cabang usaha lebih banyak padahal bisnis yang dirintis masih belum stabil.

 

Tujuan sebuah usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan bukan untuk mendapatkan kerugian. Bila sebuah usaha sudah memberikan keuntungan, maka lambat laun usaha tersebut akan semakin besar dan berkembang. Saat itulah kita bisa meminjam modal untuk mengembangkan usaha agar lebih besar lagi.

 

2. Tidak Ada Visi dan Misi Dalam Menjalankan Usaha

 

Sebuah usaha atau bisnis yang dikembangkan tanpa adanya visi dan misi yang jelas, kemungkinan besar akan mengalami masalah, misalnya sulitnya untuk berkembang pada bisnis yang dijalankan. Sebelum kita menjalankan sebuah usaha tentunya kita sudah harus memahami tujuan bisnis dan juga sudah memiliki strategi yang akan dilakukan untuk mencapai gol bisnis tersebut. Ini berlaku dalam bisnis apapun, baik itu bisnis konvensional ataupun bisnis online. Mungkin saja sebuah usaha berjalan tanpa adanya visi dan misi yang jelas, namun memiliki tujuan dan strategi bisnis yang jelas tentunya akan jauh lebih baik.

 

3. Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

 

Manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebaik apapun produksi dan keuntungan yang didapatkan tapi bila pengaturan uang dilakukan dengan cara yang salah tentunya akan memberikan dampak yang sangat buruk pada perusahaan tersebut. Kita perlu memperhatikan arus pemasukan dan pengeluaran pada bisnis yang dijalankan. Itulah sebabnya akan lebih baik bila memisahkan rekening bank pribadi dengan rekening untuk keuangan perusahaan atau bisnis.

 

4. Kurang Fokus Di Dalam Bisnis

 

Memiliki beberapa usaha yang berjalan dengan baik tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak. Namun, menjalankan beberapa usaha dengan cara yang tidak maksimal tentunya tidak akan memberikan keuntungan, bahkan akan merugikan pengusaha tersebut.

 

Beberapa pengusaha berupaya untuk menjalankan beberapa usaha sekaligus tanpa perencanaan yang matang. Dan tidak sedikit dari pengusaha tersebut gagal dalam menjalankan core bisnisnya karena sudah terganggu oleh beberapa bisnis yang lainnya yang menyita perhatian, waktu, dan uang. Memang memiliki banyak usaha itu hal yang baik, namun pastikan bahwa bisnis utama kita tetap berjalan dengan maksimal.

 

5. Kurangnya Pendekatan Pada Pelanggan

 

Tidak jarang kita melihat sebuah usaha yang sudah cukup berhasil lalu kurang memperhatikan para pelanggan mereka. Mereka menganggap bahwa para pelanggan tidak memerlukan pendekatan sehingga lama kelamaan pelanggan itupun semakin jauh. Idealnya, sebuah usaha atau bisnis harus terus memperhatikan para konsumennya walaupun bisnis tersebut sudah besar atau terkenal.

 

Dengan memperhatikan dan peduli pada para konsumen akan membuat mereka kembali lagi dan bahkan konsumen akan membantu promosi dengan cara promosi mouth to mouth. Pelanggan yang bahagia dan puas dengan pelayanan yang kita berikan akan merekomendasikan bisnis kita pada keluarga dan teman-teman mereka.

 

6. Salah Dalam Merekrut SDM (Sumber Daya Manusia)

 

Mungkin kita pernah melihat seseorang yang tidak punya kompetensi ditempatkan pada posisi yang strategis. Lama kelamaan akan timbul masalah dalam menjalankan bisnis karena orang tersebut tidak mampu dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Menempatkan seseorang yang tidak punya kemampuan yang memadai pada sebuah pekerjaan tentu akan membuat pekerjaan tersebut berantakan.

 

Demikianlan beberapa kesalahan yang pernah dilakukan oleh pengusaha. Mari kita belajar dari kesalahan mereka yang sangat berharga tersebut agar kita jangan sampai melakukan kesalahan yang sama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon-calon pengusaha Indonesia, salam sukses.