GUNUNG IJEN sekaligus Fenomena Blue Fire

Dah Lama gak Posting Rek…   kaya punya beban gitu he he..

dah langsung aja deh, sy mau posting sambungan perjalanan pendakian gunung Raung yg kemarin..  mumpung belum lupa ceritanya.. he he

25 Agustus 2014

jadi setelah berhasil mendaki Puncak Sejati Gunung Raung terus akhirnya kita balik ke Base Camp Raung Caldera rumah Cak Jarwo di sekitar kalibaru..   kita ber empat : Saya(Defi rahadi), Teddy Rosadi, Yosa(Kucel), dan Thufeyl..  istirahat dulu semaleman di kalibaru..

Rencananya kita mau ngelanjutin perjalanannya besok pagi2 sekali..  nih dah pada berdebat masalah tujuan..  : Teddy saranin ke pantai dulu aja, terus baru ke ijen, soalnya dia emank udah pernah ke ijen dan pantai pulau merah & teluk ijo..   di Banyuwangi emank se abrek2 destinasi wisata Alam yg keren2..  ente bisa browsing deh di google ..

sementara si kucel mau lgs ngejar ijen supaya bisa sehari doank trus bisa lgs balik ke Malang..  soalnya dia ada ujian di kampus katanya..  (hadeeeh capek deh..  dah tau mo ujian knapa maksain ikut ..  he he) wal hasil si kucel Deal ke pantai dulu..  ntar dia bisa ikut ujian susulan katanya..

26 Agustus 2014 Pagi kita akhirnya pamitan dari basecamp rumah Cak Jarwo sambil nangis2 haru sesenggukan.. (mmhhhh lebay…  nggak kok.,..  nggak pake nangis kok..)…  dan Jrreeeeeng..  mobil start jalan dari kalibaru..

——

Oh iya permirsa sy juga mau beritakan bahwa saat berita ini saya tulis, ada khabar dari Cak jarwo bahwa saudara kita : Cak Jemblung yg ngelayanin kita dengan baik di Kalibaru telah wafat di panggil oleh Allah SWT karena sakit komplikasi..  mari kita doakan bersama semoga segala dosanya di ampuni dan segala kebaikannya di terima oleh Allah SWT..  Aaamiin.. Aamiin..  Aamiin.. ya Robal Alamin..

——-

tgl 26 Agustus 2014 itu ceritanya tiba2 bensin langka, karena ada isu BBM akan di naikan oleh Presiden Baru : Jokuwi yg abis menang pilpres..  Al hasil akhirnya udah setengah jalan ke arah Pantai..  kita putusin balik..!!!  krn takut kehabisan bensin..  soalnya antara arah ke pantai dan arah ke Ijen memang berlawanan..  akhirnya tujuan kita ke pantai DIBATALKAN demi HUKUM dan keselamatan..  soalnya semua POM BENSIN habis dan gak jualan alias TUTUP..

so kita balik arah ke arah Ijen..  dengan membeli bensin eceran di pinggir-pinggir jalan dua liter, lima liter dan sepuluh liter..  yg penting ssi kuning kaga kehabisan bensin.. otomatis dengan harga yg jauh lebih mahal.. krn kesempatan buat pedagang eceran..  soalnya bensin lagi langka..  haaaiiizzz..  tapi gak papa lah..  itung2 amal, bagi2 rezeki ke warung bensin eceran.. he he …  aamiin..

——–

20140827_140345Dengan sisa2 Energi kita jalan ke Ijen naik jeep kuning saya yg sudah Udzur..  alhamdulillah banget nih Jeep gak ada trouble sama sekali.. mulai dari malang sampai banyuwangi..  dan sampai perjalanan ke Ijen..  padahal air penampungan radiator lupa di pasang sama bengkel di malang..  he he  tapi krn radiatornya baru jadi temperaturnya normal sepanjang jalan..  (lho kok jadi curhat masalah mobil..?)

———

Singkat cerita kita sampe di Pos Pemberhentian terakhir di ijen sekitar jam 2 an siang…   terus lgs lapor ke petugas disitu… dan :

APES…  ternyata kita udah gak boleh mendaki di Ijen..  krn peraturannya pendakian ke kawah di tutup sampe jam 12 siang..

ya udah deh..  mau gak mau kita nge camp di situ..  kita diriin tenda di dalem POS sebelah warung..

sambil nunggu malem kita makan, ngopi dan ngobrol-ngobrol tentang kehidupan, agama politik, hukum, budaya, dll..  (ciiiiieeee …  berat amat obrolannya..  ha ha…) saking beratnya obrolan..  kita sampe ngiler dan ketiduran…

singkat cerita alarm berbunyi jam 1 malem….  jengjreeeng..  trus kita buka tenda..   ternyata di parkiran udah banyaaaaaaak bangeeeet mobil jeeep  pada ngaterin turis bule..  hampir seluruhnya turis asing..  Banyaaaak banget deh…  mungkin malem itu kalo di kumpulin, dari seluruh wisatawan..  turis lokalnya alias org Indonesianya (termasuk kita) cuman 20% ..  sisanya turis asing semua….  tapi gapapalah..  dibikin asik aja..  bayangin aja kita mau mendaki gunung alpen di eropa sono..  he he he..

berangkat jam 2..  medan kemiringan awal lumayan extreme bro..  50′ – 70′ ..  nguras energi banget..  apalagi kemarin dengkul kita masih nyeri dan otot kaki kita masih pada kaku, pegel abis mendaki puncak gunung raung yg extreme itu..   hadeeeeeh..  jadi malu ama turis..  kita jalan selangkah..   dia udah 4 langkah..

tapi setelah 1 jam jalan pelan2, akhirnya kita sampe juga di POS penambang belerang..  kita istirahat bentar minum, makan, dan ngobrol masalah politik, agama, hukum, *&(#&(%&  sssssssttt..  kaga-kaga..  kepanjangan…!!!!!  kita istirahat cuman 10 – 15 menit kok..    soalnya kalo kelamaan takut gak dapet blue fire dan sunrise..

—-

20140828_041100perjalanan selanjutnya agak sedikit enak daripada sebelumnya..  masih banyak bonusnya…   akhirnya setelah 1 jam jalan kita sampe di bibir kawah..  dari situ dah kecium aroma pekat belerang..  dan Blue Fire tempat tambang belerang..

“AYOOOOO  kita turun dan foto2…” kata Teddy..  “Ayooooo” kami bertiga kompak menjawab….”  (sungguh lebay drama nya…) he he

kira2 jam 3:30-4:15 an kita di situ ambil foto dan video…  menyaksikan blue fire yg AMAZIIING nan menakjubkan, 20140828_041042terus saya putuskan untuk naik lagi ke atas kawah mo ngejar sunrise di atas bibir kawah..  TAPI tiba-tiba kita kepisah krn saking pekatnya ASAP belerang dan saking banyaknya turis dan saking hiruk pikuknya perjalanan…

SAYA KEHILANGAN TEMAN2 SAYA..  TOLONG… TOLONG… (mmmhhh lebay..  org di situ rame banget kaya di pasar)

entah kenapa akhirnya sy di temanin sama penambang belerang yg jadi guide dadakan..  (ya Allah.. sy lupa lagi namanya siapa tuh bapak) he he  ntar kalo udah inget namanya sy bilangin deh…  sekarang sementara kita panggil Pak Bejo aja deh dulu..

akhirnya sy dianter sama Pak Bejo menuju spot Sunrise..  sambil kejar2an sama waktu..  krn emank langit sudah mulai merah..  tanda matahari dikit lagi dah mau nongol..   sy sempet sholat Subuh dulu di atas kawah ijen dan diliatin sama turis2 asing..  mungkin mereka bingung dan aneh, ini org lagi ngapain..??  jangan2 dia lagi melakukan persembahan / menyembah gunung….  HAAAAIIZZZ…

——

20140828_052531setelah lari2 ke arah bekas Benteng / Dam Zaman belanda, dimana disitu emank spot sunrise di Puncak Ijen.. akhirnya sy berhasil ngambil foto sunrise di Ijen.. Alhamdulillah..  cakep banget..

sampe gak terasa di foto muka pada gosong krn kelamaan di gunung raung yg dingin bingiiits terus kena panas selama perjalanan ke Ijen….  sy akhirnya mirip sama turis dari Nigeria deh..  he he

——-

akhirnya sy ketemu sama Teddy dan Thufeyl..   sementara si kucel..  katanya Teddy lgs turun ke tenda..20140828_063540

kita santai2 disitu sambil ngopi sambil ngomonging : politik, hukum, budaya *&%&$&^  (BOONG) kita gak ngobrolin apa2 kok…  cuma takjub aja menikmati keindahan kawah ijen yg AMAZING.. sambil narsis foto2 selfie dengan muka yg pada gosong..  he he

abis itu kita turun, tidur sebentar, packing, trus pulang ke malang dengan sisa sisa energi…

Kita sampe Malang..  TGL 27 Agustus 2014 malem jam 10 an..  Alhamdulillah..

Sekian catatan perjalanan yg sy berhasil inget..

FOTO dan VIDEO menyusul ya..