Resep Sukses ala GOOGLE

 

Apa yang menarik dari Google?

Ada banyak hal tentu saja. Namun, satu hal yang cukup menarik adalah adanya aturan bahwa semua software enggineer harus menggunakan setidaknya 20% waktu mereka (kira-kira sama dengan sehari dalam seminggu) untuk mengerjakan proyek apapun yang mereka minati. Google bisa jadi menyadari bahwa dengan memiliki karyawan yang cerdas dan kreatif, bukan tidak mungkin mereka  memiliki proyek “sambilan”.

Aturan 20% ini merupakan cara untuk mendorong inovasi yang bagi Google memandangnya sebagai sesuatu yang penting dalam rangka membangun dan mempertahankan kultur yang benar, menciptakan tempat yang membuat orang-orang cerdas mau bekerja dan termotivasi untuk melahirkan gagasan-gagasan baru. Hasilnya banyak terobosan penting Google justru lahir dari penerapan aturan 20% ini. Proyek yang dianggap layak untuk diteruskan akan dibiayai sepenuhnya oleh Google.

Apa yang dilakukan Google ini isa dibilang berbeda dengan banyak organisasi di sekitar kita. Bagi orang-orang kreatif, “proyek sampingan” seperti ini sering membuat mereka terpaksa mengerjakannya secara sembunyi-sembunyi dan siap didepak jika ketahuan. Google menyarankan pesan sebaliknya : gunakan satu hari dalam seminggu untuk melakukan apa pun yang paling Anda inginkan. Hasilnya, mereka mampu menjadi bagian dari orang-orang kaya di dunia dan menjadi fenomena baru abad ini.

Nah, maka dari itu Anda juga bisa menerapkan prinsip 20% waktu Google ini dalam manajemen bisnis untuk menciptakan karyawan-karyawan dan pengusaha-pengusaha baru yang kreatif. Bukankah guru yang baik adalah yang bisa menciptakan murid yang lebih pintar daripada gurunya. Maka pengusaha yang sukses juga tentunya adalah pengusaha yang sukses menciptakan pengusaha lain yang lebih sukses dari dirinya.

#Artikel ini diambil dari blog @KataPengusaha